Bersih-bersih Windows dengan antivirus update terbaru

Selasa, 10 Januari 2012

Menjelang tahun baru 2012 ini,  saya akan cerita tentang pengalaman pribadi yaitu:  “menendang” virus yang cukup dianggap ganas, bahkan untuk skala Internasional. beberapa hari yang lalu, Windows XP di laptop saya terserang virus Sality. virus yang sempat bikin saya “sibuk”. virus itu menular dari hard disk eksternal saya, sedangkan Hard disk saya tersebut menyimpan virus saat saya gunakan di salah satu warnet. warnet memang salah satu tempat penyebaran virus yang umum di Indonesia, selain dari itu tempat lainnya yaitu: rental komputer atau bisa juga dari flash disk teman atau saudara. serangan virus kali ini cukup merepotkan bagi saya, hampir semingguan saya berkutat untuk menyingkirkan virus ini. padahal biasanya kalau laptop saya diserang virus, saya cukup booting lewat safe mode dan membersihkan lewat anti virus.
tetapi kali ini berbeda, virus yang saya hadapi adalah virus-virus yang cukup merepotkan, saya mencoba dari beberapa anti virus, mulai dari Avira, SmadAV, Salitykiller, Norman Malware Cleaner, AVG dll. sebelumnya saya memang malas mengaktifkan fitur active guard Avira dan SmadAV, padahal kedua Antivirus itu terinstall di laptop saya.
Sality remover; jika anda terkena virus Sality, saran saya gunakan terlebih dahulu software salitykiller dari Kaspersky, yang terbaru kalau tidak salah versi 1.3.6.0
setelah itu lanjutkan dengan menggunakan AVG Anti Virus versi terbaru,  scan seluruh sistem dan partisi, termasuk eksternal removable USB disk. sebelum mengistall AVG maka uninstall dulu antivirus yang berpotensi konflik misal: Avira antivirus, kalau SmadAV tidak perlu di uninstall.
apa dampak yang ditimbulkan dari virus Sality?
dampaknya yaitu terkuncinya task manager, tidak bisa menjalankan safe mode, windows explorer crash setelah digunakan beberapa waktu dan beberapa program software tidak bisa di gunakan. ternyata setelah saya scan semua dengan AVG, Virus yang lain ikut muncul juga. setelah scanning seluruh system di Windows XP laptop saya dengan AVG update terbaru, muncul ribuan file yang terinfeksi virus dan trojan dengan jenisnya yaitu:

  1. Virus Win32/Zbot.G
  2. Virus VBS/Generic
  3. Virus Win32/Alman
  4. Virus Win32/Sality
  5. Virus Win32/CryptExe.A
  6. virus Win32/Parite
  7. Trojan horse Dropper.Agent.DNR
  8. Trojan horse Generic4.KVY
  9. Trojan horse Generic20.SUG
  10. Trojan horse downloader.agent2.VAC

syukurlah semua file yang terinfeksi virus sudah dinetralkan dengan AVG. sisanya yang membandel dipindahkan ke virus vault. AVG 2011 yang saya gunakan versi 10.0.1321 dengan Virus database 1500/3540.
berikut saya ungkapkan ciri-ciri komputer/laptop yang terkena virus, trojan, dan malware: (menurut pengalaman saya pribadi)
  1.  CPU load lebih dari 30 persen secara terus menerus, padahal komputer dalam keadaan idle.
  2. kipas laptop menyala terus menerus (kecepatan sedang atau tinggi) bahkan beberapa saat setelah komputer dinyalakan.
  3. indikator hard disk sibuk terus (berkedip-kedip) padahal kita tidak sedang mengakses apapun, menandakan ada aktivitas background yang sedang bekerja, bisa jadi virus atau trojan.
  4. laptop/komputer jadi lebih cepat panas karena prosesor dan hard disk dipaksa bekerja secara terus menerus.

setelah bersih dari virus, laptop saya restart dan ketika booting laptop saya jadi lebih hening.
30 menitan dari sejak dihidupkan kipas prosesor masih tetap diam, dimana saat itu saya sedang browsing dengan membuka Opera, Firefox dan 3 aplikasi di background, dan itu hanya 2 sampai 6 persen saja dari CPU load.
laptop saya masih menggunakan prosesor jadul yaitu Intel Pentium M 1500 MHz, dan itu termasuk low end proccessor. Operating sistem yang digunakan di laptop saya yaitu: Windows XP SP2 kustomisasi sendiri dari aslinya, sehingga tampilannya mirip-mirip Windows 7.

0 komentar: